Relawan Erick Thohir Apresiasi Penganugerahan The Best Minister Kepada Menteri BUMN

Nitizone, Jakarta – Ketua Dewan Pembina Relawan Erick Thohir (ETOR) Syafrudin sampaikan ucapan selamat dan sukses atas penganugerahan The Best Minister CNBC Indonesia Awards 2022 kepada Erick Thohir Menteri BUMN. Dimana anugerah ini bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif yang berkontribusi, untuk pemulihan perekonomian Indonesia.

“Kami atas nama Keluarga Besar Relawan Erick Thohir seluruh Indonesia mengucapkan selamat atas award yang diberikan kepada Pak Erick Thohir. Bagaimanapun prestasi dirinya adalah langkah maju capaian Presiden Jokowi,” ujar Syafrudin Budiman atau biasa disapa Gus Din kepada media, Kamis (16/12/2022) di Jakarta.

Menurutnya, Menteri BUMN Erick Thohir dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (05/11/2022) pernah mengemukakan capaian laba BUMN selama tiga tahun mencapai sebesar Rp 1.198 triliun. Sementara laba konsolidasi BUMN mencapai Rp155 triliun (belum diaudit) hingga triwulan III 2022.

Capaian prestasi ini dinilai Syafrudin Budiman SIP tokoh Relawan Erick Thohir ini, bahwa Menteri BUMN mampu tingkatkan laba BUMN. Sebesar Rp. 68 triliun dari kumulatif tiga tahun (2017-2019) yang menjadi bukti prestasi nyata.

“Kita berterima kasih dan bersyukur Menteri BUMN berhasil meningkatkan laba dan memberikan pendapatan Rp.68 Trilliun selama tiga tahun. Erick Thohir memang arsitek yang memiliki kapasitas, kapabilitas, integritas dan moralitas dalam membesarkan BUMN,” terang Gus Din.

Kata Politisi Muda dan Bacaleg PAN DPR RI Dapil DKI Jakarta I ini mengatakan, capaian dan prestasi Erick Thohir ini bisa terus berlanjut sampai akhir jabatan 2024. Sebab kata Gus Din, Erick Thohir selaku.Menteri BUMN masih ada sisa waktu 2 tahun mengeksplorasi kemampuan terbaiknya membangun BUMN.

“Kemampuan Pak Erick Thohir tidak diragukan lagi dalam membesarkan BUMN dengan Visi AKHLAK-nya. Erick Thohir berhasil meningkatkan kapasitas moral pegawai BUMN secara akhlak, sehingga otomatis kapasitas laba BUMN juga meningkat,” pungkas Gus Din politisi muda yang akan maju bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN DPR RI Dapil DKI Jakarta I Jakarta Timur ini

Sampai kuartal III 2022, untuk tiga tahun terakhir pada saat COVID-19, kontribusi total BUMN mencapai Rp1.198 triliun kepada negara yang terdiri dari pajak, bagi hasil dan dividen. Artinya lebih tinggi Rp68 triliun dari kumulatif tiga tahun (2017-2019) yang sebesar Rp1.130 triliun.

Erick berhasil meningkatkqn laba konsolidasi BUMN pada triwulan III 2022 sejatinya lebih besar, yakni mencapai Rp209 triliun karena adanya laba hasil restrukturisasi Garuda Indonesia yang mencapai Rp54 triliun.

Bahkan kata dia, kalau bicara laba cash dan non cash yang digabungkan, tentunya menjadi adi tinggi sekali. Padahal tahun depan belum tentu ada yang non cash sebesar ini.

Lewat tangan Erick Thohir juga, kinerja BUMN terlihat dari performa BUMN di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ia menyebut jika dibandingkan dengan sektor swasta, capital gain emiten BUMN mencapai 8,2 persen dengan cummulative dividend mencapai 9,8 persen.

Sebaliknya, capital gain sektor swasta hanya 5,9 persen dengan cummulative dividend sebesar 4,9 persen. Dengan demikian, tingkat pengembalian yang diterima pemegang saham BUMN mencapai 18 persen, jauh di bawah sektor swasta yang hanya sekitar 10,8 persen.

“Hal ini membuat BEI sangat gembira bisa bekerja sama dengan BUMN yang berkontribusi pada 25 persen pergerakan bursa. Padahal rasio utang terhadap modal BUMN juga terus turun dari 38,6 persen pada 2020, menjadi 36,2 persen pada 2021 dan hingga triwulan III 2022 mencapai 34 persen,” pungkas Syafrudin Budiman.

Erick Thohir Raih The Best Minister dari CNBC Indonesia

Media ekonomi terbesar dan terintegrasi, CNBC Indonesia, menggelar malam puncak CNBC Indonesia Awards 2022 sebagai bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif yang berkontribusi untuk pemulihan perekonomian Indonesia.

Salah satu kategori yang diberikan yakni The Best Minister, kepada tokoh menteri dan setingkat menteri yang dinilai memiliki kiprah yang paling penting dalam percepatan pemulihan perekonomian nasional.

Untuk penghargaan The Best Minister CNBC Indonesia Awards 2022 diberikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Adapun penghargaan ini diterimanya secara langsung di Hotel ST. Regis, Jakarta, Senin, (12/12/2022).

Suksesor, H Erick Thohir BA MBA kelahiran 30 Mei 1970 adalah pengusaha dan filantropis Indonesia. Dia kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019.

“Terima kasih kepada CNBC Indonesia yang mempercayakan penghargaan kepada saya, tentu ini hasil kerja direksi dan komisaris BUMN,” kata Erick Thohir seperti yang dilansir CNBC Indonesia.

“Tidak mungkin hasil ini tanpa kinerja mereka dan Wakil Menteri saya, tim di Kementerian BUMN yang menjaga transformasi BUMN ini. Tidak mungkin transformasi tanpa transformasi besar, satu manusianya, dan yang tidak kalah penting sistemnya,” ungkap Erick.

Selama menjabat, salah satu pencapaian besar Erick yakni merealisasikan holding BUMN yang sudah lama diwacanakan. Selain itu, di bawah arahannya, kini kinerja BUMN semakin solid dengan pengklasteran usaha, diantaranya holding BUMN pariwisata, holding BUMN ultra mikro, holding BUMN perhotelan, holding BUMN pangan, holding BUMN farmasi, holding BUMN pertambangan, hingga holding industri baterai listrik.

Erick berhasil melakukan efisiensi BUMN melalui penyederhanaan jumlah perusahaan pelat merah, dari sebelumnya 142 perusahaan pada awal 2020, hingga menyisakan hanya 41 BUMN pada awal 2022.

Targetnya, akan dikonsolidasikan lagi menjadi 30 BUMN.Berkat langkah-langkah strategis tersebut, kinerja BUMN mampu tumbuh dengan sangat baik, dan bahkan mampu melewati badai pandemi covid-19.

Sementara itu, secara internal, kepemimpinan Erick mampu menorehkan pencapaian yang luar biasa pada kinerja BUMN meski sedang dihantam pandemi covid-19.Hal ini dapat dibuktikan dari data yang ada, dimana total aset BUMN tumbuh 8 persen menjadi Rp8.978 triliun pada 2021.

Perolehan tersebut didukung oleh perolehan pendapatan yang juga melonjak hingga 19 persen menjadi Rp2.292 triliun. Alhasil, laba bersih BUMN juga diproyeksikan bakal meningkat 15 persen tahun ini menjadi Rp144 triliun.

Sebelumnya, pada 2021 laba BUMN juga sudah pulih menjadi Rp125 triliun.Selain itu, target dividen BUMN untuk negara juga diproyeksikan meningkat pesat tahun ini di atas Rp40 triliun, dari setoran tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp30 triliun. (red)

BACA JUGA:  Putri Kedua H. Abdul Malik Pengacara Senior Jatim Menikah, Puluhan Karangan Bunga Datang Dari Kolega