Berita  

BUBOS 6 Tebar 1,4 Juta Paket Makanan Rantang Cinta Berbagi Sesama

KABUPATEN KUNINGAN — Rangkaian acara Bulan Berbagi on The Street (BUBOS) 6 selama tiga minggu terakhir berhasil membagikan 1,4 juta paket makanan rantang cinta kepada warga yang membutuhkan.

Bukan hanya di Jawa Barat tapi juga warga di berbagai provinsi Indonesia. Sementara jumlah infak yang terkumpul mencapai Rp4,4 miliar berasal dari stakeholders pendukung acara serta para penyumbang dari masyarakat umum dan aparatur sipil negara (ASN).

Demikian diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara puncak sekaligus penutupan BUBOS 6 di Alun – alun Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/4/2022).

“Kita melaksanakan kegiatan berbagi dengan rekor Indonesia tapi belum tercatatkan, 1,4 juta paket kebaikan berupa rantang/paket makanan dibagikan oleh anak-anak sekolah dan anak-anak organisasi antara lain pramuka,” ujar Ridwan Kamil usai menutup acara puncak BUBOS 6 di Taman Kota Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/4/22).

Sementara dana infak massal yang terkumpul mencapai Rp4,4 miliar dalam waktu tiga minggu menunjukkan kepedulian warga Jabar yang tinggi kepada sesama. Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan pendukung mulai dari swasta, komunitas, hingga pemda kabupaten/kota.

“Ini menunjukkan luar biasanya warga Jabar kompak dan bersedekah,” imbuh Ridwan Kamil.

Kegiatan BUBOS 6 tidak hanya melibatkan 27 kabupaten/kota melainkan menggandeng enam provinsi yang ikut serta berkontribusi untuk berbagi kebaikan yakni Aceh, Sumatera Utara, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, dan Papua.

“Nah inilah semangat berbagi, menunjukkan semangat kekompakan Jabar luar biasa lahir batin,” kata Kang Emil — sapaan akarbnya.

Ketua TP PKK Jawa Barat sekaligus pencetus acara BUBOS, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengungkapkan dan infak massal disalurkan masing – masing untuk rumah yatim 19 persen, masyarakat sekitar sekolah 48 persen, pondok pesantren 6 persen, lembaga amil zakat 18 persen, dan untuk pembangunan masjid dan sekolah sebesar 9 persen.

Sementara 150 ribu rantang cinta hingga hari penutupan masih berjalan di 32 kecamatan Kabupaten Kuningan. Untuk itu, Atalia mengapresiasi Pemda Kabupaten Kuningan yang tetap semangat menggerakkan seluruh sumber daya sampai hari terakhir BUBOS 6.

“Apresiasi luar biasa kepada Pemkab Kuningan karena alhamdulillah ketika gelombang kebaikan ini digulirkan tidak saja satu wilayah di tempat ini (Alun-alun Kuningan) tapi ada 32 kecamatan saat ini juga sedang bergulir,” ujarnya.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengaku bersedia menjadi tuan rumah kegiatan lain yang menyangkut nama baik Jabar.

“Apalagi Kuningan sebagai etalase pintu masuknya Jabar harus dipercantik,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Jalan Layang Pasupati Bandung Resmi Ganti Nama Jadi Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja