DANLANTAMAL IV HADIRI UPACARA BUKA DIKMA BINTARA DAN TAMTAMA TNI AL TA 2022

Nitizone, Tanjunguban – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr. Opsla., hadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma) Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut Angkatan XLII Satuan Pendidikan (Satdik) – 1 Kodiklatal Tanjung Uban TA. 2022 di Lapangan Apel Gabungan Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban, Bintan – Kepri, Jumat pagi (8/4/2022).

BACA JUGA:  Peringati Hari Kesehatan Nasional Puskesmas Getentiri dan Satgas Yonif 725/Woroagi Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono selaku Inspektur Upacara melalui upacara militer.

Setelah upacara militer dilanjutkan yel-yel dari calon Bintara dan Tamtama dengan semangat walaupun sebagian besar dalam keadaan berpuasa, selanjutnya dilaksanakan pembukaan orientasi dan ditutup dengan Press Confrence oleh Dankodiklatal didampingi para pejabat TNI AL, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri dan Tokoh Agama.

Dalam upacara tersebut Dankodiklatal mengatakan “Walaupun selama seleksi dalam masa Pandemi Covid-19 dan pada masa bulan puasa, kalian masih tetap menunjukan semangat kompetisi dengan perserta yang lain, agar dapat lolos dan terpilih menjadi siswa prajurit TNI Angkatan Laut,” tuturnya.

Dankodiklatal berharap “Semangat juang yang kalian tunjukan tetap dipertahankan selama dalam pendidikan nanti agar berhasil mengikuti semua tahap program pendidikan dengan baik, aman dan lancar,” ujarnya.

Dikatakan juga “Pendidikan ini akan dilaksanakan selama 6 bulan, yang terbagi dalam 3 tahap, yang pertama pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama 2 bulan,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan ”Tujuan pendidikan pertama Bintara maupun Tamtama untuk mendidik dan membekali calon Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut dengan pengetahuan dan ketrampilan dasar keprajuritan, kematraan serta spesialis sesuai dengan kejuruannya, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL yang Profesional, Tangguh dan Modern” ungkapnya.

Tidak Lupa Dankodiklatal mengucapkan kepada seluruh hadirin “Selamat Menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1443 H Semoga kita semua tetap diberikan kesehatan, kekuatan iman dalam menjalankan ibadah puasa serta ibadah-ibadah sunah lainnya di Bulan yang penuh dengan Rahmat dan Berkah ini,” pungkasnya. (Ac)

Editor: Gus Din